• Follow Fadilmuhdi's Blog on WordPress.com
  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 1 pengikut lainnya.

  • fadilmuhdi

  • Statistik Blog

    • 75,600
  • Kategori

  • Arsip

  • Tulisan Teratas

cara membuat antena sederhana penangkap sinyal hotspot

Berbagai cara dilakukan oleh para penggila wifi untuk dapat meningkatkan kualitas tangkapan gain sinyal perangkat wifi mereka untuk menambah tangkapan sinyal dari akses point ataupun hotspot. Hal ini dilakukan pada umumnya untuk dapat terus menggunakan akses internet maupun sumber daya jaringan lain yang terhubung dengan akses point atau hotspot tersebut. Kualitas tangkapan sinyal dari sebuah perangkat wifi pada arsitektur 802.11 a/b/g atau n dalam menangkap sinyal wifi dari pancaran sebuah akses point atau hotspot pada umumnya dibatasi oleh beberapa hal. Faktor jarak yang relatif jauh dan juga factor hambatan lain seperti pemasangan sebuah hotspot yang tidak benar pada ruangan gedung yang tidak terjangkau juga menjadi salah satu sebab berkurangnya kualitas tangkapan sinyal pada perangkat wifi di komputer anda.
Beberapa alat tambahan dibuat dan dijual secara komersil oleh produsen perangkat wifi untuk dapat meningkatkan kualitas tangkapan sinyal perangkat wifi standar. Namun karena beberapa faktor seperti harganya yang cukup mahal membuat perangkat tersebut kurang begitu diminati oleh para konsumennya. Salah satu alat yang biasa digunakan untuk meningkatkan kualitas sebuah perangkat wifi adalah antenna wifi eksternal yang dapat anda jumpai pada toko-toko komputer di kota anda.
Namun bagi anda yang terlanjur membeli sebuah wifi USB adapter standard dan merasa tidak puas dengan hasil tangkapan sinyal wifi anda tersebut, maka anda dapat mengubah wifi USB adaptor anda tersebut menjadi sebuah antenna wifi USB eksternal dengan sedikit kreatifitas.
Antena Wifi USB atau biasa disebut dengan Uni-Directional Wifi Range Extender adalah sebuah perangkat tambahan pada sebuah komputer yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tangkapan sinyal wireless standar dari jarak yang cukup jauh dengan menggunakan adapter USB Wifi standar.
Dalam pembuatan antenna Wifi USB ini kita tidak memerlukan modifikasi apapun pada adapter USB wifi standar kita ataupun mengubah bentuk fisik komputer (PC) anda. Hanya sebuah jalan pintas yang mudah untuk meningkatkan kekuatan sinyal dan jarak dari adaptor USB Wifi anda. Dan cara ini bekerja juga untuk seluruh jenis adaptor USB wifi standar yang biasa anda pakai.
Alat dan Bahan
Dalam proses pembuatannya, yang anda perlukan untuk membuat antenna Wifi USB ini adalah beberapa peralatan yang relatif murah, sederhana, dan mudah anda dapatkan di dalam rumah anda. Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan tersebut adalah :

* Tutup Panci/wajan penggorengan (bahan dari metal)
* Tang (untuk melubangi tutup panci)
* Lem Alteco (perekat)
* Permen Karet
* USB Wifi Adapter
* USB Extension Cable

Langkah Pertama – Membuka tutup panci
Ketika anda membeli sebuah tutup panci, pada umumnya tutup panci tersebut memiliki pegangan yang dapat dilepas dengan cara memutarnya. Bukalah pegangan tutup panci tersebut dengan cara memutar pegangan panci tersebut sehingga lubang pegangan tutup panci tersebut terbuka.
Langkah Kedua – Melubangi Tutup Panci
Tutup panci harus anda coak terlebih dahulu agar lubang yang tersedia cukup besar, dimana lubang tersebut nantinya berguna untuk menempatkan extension cable yang telah disiapkan. Gunakan tang untuk melubangi tutup panci tersebut. Lubangi bagian tengah tutup panci anda dengan cara di coak menggunakan tang yang telah disiapkan. Yang perlu di ingat adalah lubang yang dibuat harus pas untuk extension cable yang nanti akan ditancapkan pada tutup panci tersebut.
Langkah ketiga – Memasukkan USB extension cable
Masukkan bagian Female end dari USB extention cable anda (bagian kabel yang tidak konek ke komputer atau yang akan masuk ke dalam slot USB wifi adapter) kedalam lubang yang baru saja dilubangi. Jika belum pas, maka lubangi kembali tutup panci hingga sesuai dengan bagian tersebut.
Langkah Keempat – Memperkuat USB Extension Cable
Setelah USB extension cable telah terpasang pada tutup panci, kemudian rekatkan permen karet yang telah disiapkan (kunyah dulu sebelum direkatkan hingga permen karet lembek). Kemudian lem bagian tersebut hingga mengeras atau kuat dengan menggunakan lem alteco. Tujuan utama langkah ini adalah agar antara USB extension cable dan bagian metal tutup panci tersebut tidak bergoyang. Pastikan lem tersebut benar-benar kuat dengan cara mengelem pada kedua sisi konektor tersebut.
Langkah Kelima – Memasang USB wifi Adapter
Setelah lem merekat kuat pada bagian yang diinginkan, maka antenna wifi USB anda telah siap digunakan. Langkah terakhir adalah menempatkan USB wifi adapter anda kedalam port yang tersedia pada antenna wifi anda.
Langkah Terakhir – Memasang Antena
Langkah terakhir adalah menghubungkan male end USB antenna wifi anda tersebut (dari extension cable) ke dalam port USB di komputer anda. Ada baiknya jika anda menggunakan alat penyangga untuk menahan perangkat ini agar mudah digunakan dan diarahkan. Anda dapat menggunakan tripod handycam atau menempelkannya langsung pada jendela kamar anda.
Kini anda dapat menikmati kekuatan sinyal wifi yang kuat dari jarak yang relatif jauh. Nyalakan aplikasi Netstumber atau Kismet untuk melihat kekuatan gain sinyal wifi yang bisa anda dapatkan. Dan alat ini telah siap untuk ber-war driving sinyal wifi hotspot tetangga anda Namun perlu diingat bahwa alat ini digunakan untuk memfokuskan penangkapan sinyal pada target pemancar sinyal, sehingga pada penggunaannya, arahkanlah alat ini pada sebuah pemancar sinyal atau hotspot agar penggunaannya lebih maksimal.

About these ads

40 Tanggapan

  1. wadu bgus jaga, , , ,
    kra2 bgus ga sinyalnya tu, , ,

  2. jangkaunnya bisa brp km pak?

  3. kalau boleh tau USB Wifi Adapter & USB Extension Cable tu harganya berkisaran berapa ya??? thx…

  4. pak jaringan wifi itu bisa di tangkap dengan jaringan wifi yg lain

  5. pak jaringan wifi itu membutuhkan sumber arus listrik..???

  6. pak, jaringan wifi itu langsung otomatis ya masuk ke komputer/laptop..??

    dan bisa gak jaringan itu menangkap jaringan wifi berjarak 150 M..??

  7. sob, tempat beli yang sudah jadi di area semarang ada ngak?

  8. mantap …… mantappppppppp

  9. kalo kena hujan bukan nya bisa konslet tu usb wireless nya..,
    gak aman dong..,

  10. mantap gan…..mw nyoba nih…

  11. bos mau tanya ni…
    itu bisa nangkep sinyal brapa jauh…
    kalu sekitar 1 kilo bisa ngk?

  12. Pak,,,kalau tutup pancinya di ganti yang lebih besar bisa ngga? trus klo di tutup pancinya di ganti dengan wajan yang besar bisa gak?

  13. aku mau beli yang sudah jadi ada yang bisa bantu hub aku di 08315880691

  14. saya pake wajan dah 2 tahu wifi usb masih oke bisa tangkap sinyal ampe 3oo meter

  15. bosss usb wifi.a pakai tipe yang apa????

  16. saya punya bekas antena metrik sekitar setengah meter diameternya, bisa ngk di gunakan bos??… masih baru ko’ anten’a!!
    trims sbelumnya…

  17. USB Wifi Adapter & USB Extension Cable, buat sendirir atau beli,, kalau beli kira-kira harganya berapa,,,

  18. trims ats infonya. . .

  19. mau tanya bos:1. untuk antena penerima hotspot ini bisa menangkap signal tanpa terdaftar pada pemilik hotspot atau alias gratisan.2. Anggarannya habis berapa kalau dibikin sendiri.Terima kasih.

  20. wah lumayan……………
    bisa internet gratissssssssssss…………………………………..

  21. cuma berlaku jika di sekitar ada pemancar wifi nya ja?
    la lak rumah ku deket ma pemancar salah satu operatora seluler nu bisa gak ?

  22. Di coba ahh…..mkasih infonya gan..

  23. wah mantap neh ilmu baru makasih gan

  24. kira-kira gan, jarak hotspotnya maksimal berapa jauh?

  25. gan kalo di netbook saya udh langsung ada WIFI nya ,gimana tuh bikin antena nya gan biar makin bagus sinyalnya ?

    thx gan !

  26. misalnya pake parabola bekas digital parabola bs kan… oza… maksimal jangkauannya berapa za…

  27. kira-kira USB Wifi Adapternya Brapa,…

  28. kira” harga semuanya brp yha

  29. radius jangkauan efektifnya seberapa ya..??

  30. bagai mana kalo untuk moden usb

  31. USB wifi adapter itu harganya sekitar brapa……………?

  32. Akan dicoba walaupun agak ribet pemasangan dan penyiapannya itu

  33. […] cara membuat antena sederhana penangkap sinyal hotspot […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: